Minggu, 25 Oktober 2015

PERPUSTAKAAN BINAAN TIM

DSC00542 Hampir tiap seminggu sekali saya sempatkan untuk berkunjung kesalah satu perpustakaan TIM  binaan yang ada di dusun buaran desa koboguyang kec jabon sidoarjo ini. Di sekitar perpustakaan saya dapati anak-anak kecil yang lagi asyik bermain sepak bola..

Pemandangan ini  merupakan pemandangan yang jarang sekali saya temui diwilayah sekitar rumah saya. Karena diwilayah saya, anak-anak seusia mereka sudah pada asik pegang gadget semua.

DSC00550

Begitupun ketika berbicara tentang minat baca, minat mereka sebenarnya sangatlah tinggi. Hal itu saya dapati hanya dengan sekali ajakan mereka langsung berlarian masuk kedalam perpustakaan kecil yang koleksinya tak seberapa itu.


Hati saya sungguh tersentuh, melihat semangat mereka yang membaca sembari menceritakan ulang kepada teman yang juga datang untuk membaca. Namun kemampuan saya sunguh sangat terbatas, tapi sesuai dengan komitmen saya ketika menjalin kerjasama dengan ketuanya yaitu imadul mar’ah untuk proses pendirian perpustakan ini beberapa bulan yang lalu.


DSC00544


Saya hanya bisa katakan kepada pengurusnya, insya allah saya akan upayakan untuk bisa mendapatkan bantuan buku baru yang sesuai dengan segmen pembacanya, yaitu anak-anak. Disamping itu, daerah ini juga sangat layak dibantu, mungkin melalui buku-buku karena wilayah mereka merupakan area terdampak LUMPUR LAPINDO.




DSC00556


Ada juga keterbatasan lain yaitu mereka tidak memiliki akses internet atau alat dokumentasi agar bisa publikasi kepada khalayak luas tentang perpustakaan mereka, dan saya hanya bisa bantu publikasi, itupun ketika saya berkunjung saja. Sebab saya baru bisa dokumentasikan apa yang terjadi di perpustakaan itu.




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Fauzi Sidoarjo